Tugas 1 (Individu): Konsep Dasar JarkomDat_1204190058

1. Jelaskan Definisi dan Sejarah Perkembangan Jaringan Komputer

Jaringan komputer terbentuk dari dua kata yakni jaringan dan komputer. Jaringan secara umum diartikan sebagai suatu model dalam struktur yang terdiri dari titik dan garis di mana titik mewakili entitas dan garis mewakili hubungan serta koneksi antar entitas tersebut. Jaringan komputer (computer network) adalah sistem komunikasi yang memungkinkan komunikasi antar komputer dengan bertukar data. Entitas (alat) seperti komputer merupakan komponen utama sistem yang biasanya digunakan pengguna (user) untuk mengirimkan dan atau menerima informasi dari orang lain sebagai pengguna pada komputer  berbeda. Komputer mengirimkan dan menerima informasi melalui media yang menghubungkannya dengan lalu lintas informasi pada jalur komunikasi dilayani suatu komputer yang berbeda fungsi. Komputer penerima atau pengirim informasi disebut komputer klien (client) sedangkan yang memberikan layanan disebut peladen (server). Jaringan komputer disebut juga sebagai client-server untuk penekanan terhadap rancangannya yang secara umum disempurnakan dan dipakai sampai saat ini (Nasution, 2019).

Menurut Micro (2012), konsep jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Harvard University yang dipimpin profesor H. Aiken. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (BatchProcessing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan dengan kaidah antrian.

Ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal. Ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System) sehingga untuk pertama kali bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer. TSS dalam prosesnya mulai nampak perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri. Memasuki tahun 1970-an, setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga  perangkat komputer besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing). Beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer. Proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain proses yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat. Selanjutnya ketika harga-harga komputer kecil sudah mulai menurun dan konsep proses distribusi sudah matang, maka penggunaan komputer dan jaringannya sudah mulai beragam dari mulai menangani proses bersama maupun komunikasi antar komputer (Peer to PeerSystem) saja tanpa melalui komputer pusat. Kemudian mulailah berkembang teknologi jaringan lokal yang dikenal dengan sebutan LAN. Sebagian besar LAN yang berdiri sendiri mulai berhubungan dan terbentuklah jaringan raksasa WAN ketika internet mulai. Berikut gambar jaringan komputer model yang dimaksud.

Sumber : (Micro, 2012)

2. Jelaskan tentang Prinsip dan Komponen Komunikasi Data

Komunikasi data merupakan bagian telekomunikasi yang pada prinsipnya berkenaan dengan transmisi atau pemindahan data diantara komputer dan piranti-piranti lain dalam bentuk digital yang dikirim melalui komunikasi data yang disajikan oleh isyarat digital. Secara sederhana komponen komunikasi data terdiri atas pengirim, penerima, data, media pengiriman, dan protokol. Pengirim merupakan piranti yang mengirimkan data sedangkan penerima yang menerima data. Komponen data diartikan sebagai informasi yang akan dipindahkan. Media pengiriman yakni media yang digunakan untuk mengirim data.  Komponen terakhir yakni protokol merupakan aturan yang berfungsi dalam penyelarasan hubungan (Falconi, 2013).

Menurut Sukaridhoto (2016), komponen komunikasi data mencakup 5 hal yaitu source (sumber), transmitter (pengirim), transmission system (sistem transmisi), receiver (penerima), dan destination (tujuan). Komponen Source (sumber) berfungsi sebagai pembangkit data agar dapat ditransmisikan misalnya telepon dan Personal Computer (PC). Transmitter (pengirim) berfungsi untuk memindah dan menandai informasi dengan cara sama dengan menghasilkan sinyal elektromagnetik yang dapat ditransmisikan melewati beberapa sistem transmisi berurutan karena data yang sebelumnya dibangkitkan dari sistem sumber tidak ditransmisikan secara langsung dalam bentuk aslinya. Transmission System(sistem transmisi) berperan sebagai penghubung antara sumber dengan destination (tujuan) di mana berupa jalur transmisi tunggal (single transmission line) atau jaringan kompleks (complex network). Receiver (penerima) selanjutnya akan menerima sinyal dari sistem transmisi lalu dan digabungkan ke dalam bentuk tertentu yang dapat ditangkap destination contohnya pada modem yang menerima sinyal analog yang datang dari jaringan atau jalur transmisi diubah menjadi suatu digital bit stream. Destination (tujuan) berperan sebagai penangkap data yang dihasilkan receiver. Lebih jelasnya prinsip komunikasi data dapat digambarkan sebagai berikut.

3. Sebutkan dan jelaskan tentang jenis topologi jaringan komputer

Menurut Micro (2012), topologi berasal dari bahasa Yunani topos (tempat) dan logos (ilmu). Topologi merupakan cabang matematika yang bersangkutan dengan tata ruang yang tidak berubah dalam deformasi dwikontinu (yaitu ruang yang dapat ditekuk, dilipat, disusut, direntangkan, dan dipilin tetapi tidak diperkenankan untuk dipotong, dirobek, ditusuk atau dilekatkan). Ia muncul melalui pengembangan konsep dari geometri dan teori himpunan, seperti ruang, dimensi, bentuk, transformasi.  Topologi jaringan komputer adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan. Dalan suatu jaringan komputer jenis topologi yang dipilih akan mempengaruhi kecepatan komunikasi. Untuk itu maka perlu dicermati kelebihan / keuntungan dan kekurangan / kerugian dari masing – masing topologi berdasarkan kateristiknya. Topologi pada dasarnya adalah peta dari sebuah jaringan. Topologi jaringan terbagi lagi menjadi dua yaitu topologi secara fisik (physical topology) dan topologi secara logika (logical topology). Topologi secara fisik menjelaskan bagaimana susunan dari label, komputer dan lokasi dari semua komponen jaringan. Sedangkan topologi secara logika menetapkan bagaimana informasi atau aliran data dalam jaringan.

Menurut Sitanggang (2019), Topologi jaringan dibedakan menjadi:

  • Topologi Bus

Topologi bus tersusun rapi mirip antrian dengan hanya menggunakan satu kabel coaxial di mana setiap komputernya terhubung pada kabel yang menggunakan konektor BNC. Kedua kabel coaxial ini harus diakhiri dengan terminator. Topologi bus memiliki kelebihan sama hal seperti topologi ring yaitu tidak memakan banyak biaya sehingga menghemat biaya pemangan. Kekurangan topologi bus yakni gangguan pada satu komputer akan berdampak ke komputer lainnya. Selain itu akan sering terjadi antrian data serta diperlukan repeater jika jaraknya terlalu jauh.

Pengertian Topologi Bus: Cara Kerja, Kelebihan & Kekurangan – BootUP.ai Blog
  • Topologi Bintang

Topologi bintang merupakan suatu bentuk topologi jaringan berupa konvergensi node tengah ke setiap node atau pengguna. Topologi ini memakan biaya menengah. Kelebihannya terletak pada minimnya rembetan kerusakan karena jika suatu saluran rusak maka hanya akan memengaruhi station terpaut saja. Tingkat keamanan tipologi ini termasuk tinggi serta tahan akan lalu lintas jaringan yang sibuk. Sayangnya kekurangan topologi ini terletak pada borosnya material kabel yang digunakan. Kerusakan node tengah pun dapat menyebabkan seluruh rangkaian terhenti.

Pengertian Topologi Star : Karakteristik, Cara Kerja, Kelebihan dan  Kekurangannya Lengkap – Pelajaran Sekolah Online
  • Topologi Cincin

Topologi cincin merupakan topologi yang berbentuk rangkaian titik di mana masing-masing terhubung pada dua titik lainnya melingkar seperti cincin. Kelebihannya ada pada kemudahan rancangan, performa lebih baik walau berat sekalipun, hemat kabel, mudah dikonfigurasi ulang serta tidak akan terjadi collison ketika pengiriman data. Sebaliknya kekurangan tipologi cincin yakni peka akan kesalahan jika terdapat gangguan pada suatu node yang berimbas pada seluruh jaringan. Pengembangan jaringannya lebih kaku serta kinerja komunikasinya tergantung jumlah titik atau node dalam jaringan.

Pengertian Topologi Ring: Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan – BootUP.ai  Blog
  • Topologi Mesh

Topologi mesh cocok digunakan untuk pemilihan rute yang banyak sehingga berfungsi sebagai jalur backup di saat terdapat masalah pada jalur lain. Kelebihannya terdapat pada bandwith yang lebar, keamanannya yang baik, dan jalur pengiriman data yang digunakan sangat banyak sehingga tidak akan terjadi collison (tabrakan data). Kekurangannya ada pada instalasi jaringannya yang rumit, membutuhkan banyak kabel, serta memakan biaya yang sangat mahal pada pemasangannya.

Topologi Mesh: Pengertian, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya
  • Topologi Linier

Topologi linier disebut juga sebagai topologi bus beruntut karena menggunakan kabel utama untuk menghubugkan tiap titik sambungnya pada komputer. Kelebihannya yakni mudah dikembangkan, hanya membutuhkan sedikit kabel, serta tidak perlu kendali pusat. Kekurangannya kurang dalam keamanan, kepadatan lalu lintas terbilang cukup tinggi serta perangkat keras kabel cross.

Pengertian, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan Topologi Linier

Pernyataan topologi tersebut diperkuat oleh Khasanah (2016) yang menyatakan bahwa istilah topologi jaringan digunakan untuk mengurai bagaimana cara komputer terhubung dalam suatu jaringan. Topologi jaringan dibagi menjadi:

  • Topologi Bus

Topologi bus banyak digunakan ketika marah penggunaan kabel coaxial. Topologi ini bekerja pada jalur transmisi di mana sinyal dikirim pada setiap device yang tersambung dalam satu garis lurus (kabel) lalu sinyal hanya akan ditangkap alat yang dituju. Alat lain yang bukan tujuan akan mengabaikan sinyal tersebut.

  • Topologi Ring

Topologi ring mirip topologi bus namun yang membedakan ujung-ujungnya membentuk lingkaran menggunakan segmen kabel. Tipologi ini memiliki kelebihan yakni memiliki laju data atau transfer rate tinggi, dapat melayani lalu lintas padat, serta waktu akses data menjadi optimal. Kekurangannya adalah sangat sulit menambahkan atau mengurangi terminal. Topologi ini tidak kondusif untuk dipakai dalam pengiriman suara, gambar, dan data.

  • Topologi Star

Topologi star menghubungkan komputer pada sentral atau kosentrator. Kelemahan tipologi star yakni lalu lintasnya padat sehingga menyebabkan jaringan lambat. Jaringannya juga tergantung terminal pusat. Kelebihannya yakni lebih andal dari jaringan lain, akses ke jaringan LAN lain mudah, serta keamanan datanya tinggi.

  • Topologi Star-Bus

Topologi star-bus paling sering digunakan pada umumnya. Antar komputer terhubung dengan hub di mana hub satu dengan lainnya dihubungkan sebagai jalur tulang punggung menyerupai topologi bus.

  • Topologi Mesh

Topologi mesh menghubungkan tiap komputer secara point to point. Semua komputer saling terhubung tanpa ada link terputus. Topologi ini sering digunakan pada internet di mana setiap link menghubungkan satu router dengan yang lainnya.

4. Jelaskan dan berikan contoh terkait karakteristik Jaringan Komputer berikut :

Menurut Tantoni et al. (2018), terdapat 7 karakteristik jaringan dengan penjelasan sebagai berikut.

a. Speed

Mengukur kecepatan transmisi data melalui jaringan dan biasanya disebut sebagai data rate. Speed atau kecepatan mengimplementasikan proxy server dengan tujuan mengurangi beban bandwith sehingga penggunaan bandwith dapat diminimalisir.

b. Costs

Mencakup biaya umum komponen, instalasi, dan pemeliharaan jaringan. Costs atau biaya adalah mengenai perhitungan biaya, spesifikasi dan manfaat hardware jaringan komputer yang akan ditawarkan.

c. Security

Mengindikasikan seberapa aman jaringan termasuk data yang ditransmisikan melalui jaringan tersebut. Security (keamanan) mencakup pengimplementasian firewell pada jaringan komputer dari dua sisi yakni keamanan dari serangan jaringan internet dan serangan jaringan lokal. Penerapannya dengan segmentasi VLAN untuk membedakan tingkatan antar pengguna misalnya member VLAN mahasiswa, VLAN staf, dan VLAN dosen. Penerapan VLAN ini dapat menerapkan port security pada access layer serta pada penerapan policy pada distribution layer sehingga membuat jaringan komputer lebih aman.

d. Availability

Mengukur kemungkinan jaringan tersedia untuk digunakan ketika diperlukan. Availability (ketersediaan) dicontohkan dengan penerapan IP adress yang disesuaikan kebutuhan komputer dalam satu ruangan. Tujuannya agar dapat menghindarkan kemungkinan perangkat down karena listrik padam serta terhindar serangan jaringan intenet dan lokal.

e. Scalability

Mengukur seberapa baik jaringan dapat mengakomodasi beberapa banyak pengguna dan kebutuhan transmisi. Scalability (skalabilitas) dicontohkan dalam implementasi VLAN pada jaringan komputer untuk menambah skalabilitasnya jika terjadi pembuatan note atau saat penambahan gedung baru. Contoh konkritnya misal dengan penambahan skalabilitas teknologi wifi di setiap sudut kampus dengan banyak civitas.

f. Reliability

Mengukur kemungkinan kegagalan atau Mean Time Between Failure (MTBF). Reliability (keandalan) dicontohkan dengan penerapan model hirarki desain jaringan yang diharapkan mampu menangani kepadatan trafik data menyesuaikan spesifikasi hardware pada core layer, distribution layer, dan acces layer. Penerapan VLAN pada jaringan komputer ini diharapkan mampu menangani tabrakan frame yang dikirim. Hal ini juga diimplementasikan dengan redundant link untuk link cadangan.

5. Sebutkan dan Jelaskan Perangkat Keras dan Lunak Jaringan yang ada

  • Perangkat Keras Jaringan

Menurut Micro (2012),perangkat keras jaringan terdiri atas Network Interface Cards (NIC) atau kartu jaringan, hub/konsentrator, switch/hub,repeaters, bridges/jembatan, routers, printer dan peripheral lain. Perangkat Kartu Jaringan (NIC) menyediakan media penghubung antara komputer yang mana kebanyakan jenisnya berupa kartu internal yang dipasang pada slot ekspansi di dalam komputer. Beberapa komputer misalnya MAC menggunakan kotak khusus yang ditancapkan pada port serial atau SCSI pada port komputer. Kartu jaringan yang populer dipakai saat ini berturut-turut yaitu kartu jaringan Ethernet, kartu jaringan Token Ring, dan LocalTalk konektor. Dua pokok bahasan khusus mengenai Kartu Jaringan (NIC) yakni Ethernet Card dan media berupa kabel dan gelombang radio.

1.Ethernet Card / Kartu Jaringan Ethernet

Kartu jaringan Ethernet biasanya dibeli terpisah dengan komputer, kecuali seperti komputer Macintosh yang sudah mengikutkan kartu jaringan Ethernet didalamnya. Kartu Jaringan ethernet umumnya telah menyediakan port koneksi untuk kabel Koaksial ataupun kabel twisted pair, jika didesain untuk kabel koaksial konektornya adalah BNC, dan apabila didesain untuk kabel twisted pair maka akan punya konektor RJ-45. Beberapa kartu jaringan ethernet kadang juga punya konektor AUI. Semua itu di koneksikan dengan koaksial, twisted pair, ataupun dengan kabel fiber optik.

A. LocalTalk Connectors/Konektor LocalTalk

LocalTalk adalah peralatan jaringan untuk  komputer macintosh, ini menggunakan sebuah kotak adapter khusus dan kabel yang terpasang ke Port untuk printer. Kekurangan dari LocalTalk dibandingkan Ethernet adalah kecepatan laju transfer datanya, Ethernet di Jaringan komputer bukanlah sesuatu yang baru saat ini, hampir di setiap perusahaan terdapat  jaringan komputer untuk memperlancar arus informasi di dalam perudahaan tersebut. Internet yang mulai populer saat ini adalah suatu jaringan komputer raksasa yang merupakan jaringan jaringan komputer yang terhubungan dan dapat saling berinteraksi. Hal ini dapat terjadi karena adanya perkembangan teknologi jaringan yang sangat pesat, sehingga dalam beberapa tahun saja jumlah pengguna jaringan komputer yang tergabung dalam Internet berlipat ganda.asanya dapat sampai 10 Mbps, sedangkan LocalTalk hanya dapat beroperasi pada kecepatan 230 Kbps atau setara dengan 0.23 Mbps.

B. Token Ring Cards

Kartu jaringan Token Ring terlihat hampir sama dengan Kartu jaringan Ethernet. Satu perbedaannya adalah tipe konektor di belakang Kartu jaringannya, Token Ring umumnya mempunyai tipe konektor 9 Pin DIN yang menyambung Kartu jaringan ke Kabel Network.

Empat jenis kabel jaringan yang umum digunakan saat ini yaitu:

-> Kabel Coaxial

Terdiri atas dua kabel yang diselubungi oleh dua tingkat isolasi. Tingkat isolasi  pertama adalah yang paling dekat dengan kawat konduktor tembaga. Tingkat pertama ini dilindungi oleh serabut konduktor yang menutup bagian atasnya yang melindungi dari pengaruh elektromagnetik. Sedangkan bagian inti yang digunakan untuk transfer data adalah bagian tengahnya yang selanjutnya ditutup atau dilindungi dengan plastik sebagai pelindung akhir untuk menghindari dari goresan kabel. Beberapa jenis kabel coaxial lebih besar dari pada yang lain. Makin besar kabel, makin besar kapasitas datanya, lebih jauh jarak jangkauannya dan tidak begitu sensitif terhadap interferensi listrik.

-> Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP)

Kabel twisted pair terjadi dari dua kabel yang diputar enam kali per-inchi untuk memberikan perlindungan terhadap interferensi listrik ditambah dengan impedensi, atau tahanan listrik yang konsisten. Nama yang umum digunakan untuk kawat ini adalah IBM jenis/kategori 3. Secara singkat kabel UTP adalah murah dan mudah dipasang, dan bisa bekerja untuk jaringan skala kecil.

-> Kabel Shielded Twisted Pair (STP)

Kabel STP sama dengan kabel UTP, tetapi kawatnya lebih besar dan diselubungi  dengan lapisan pelindung isolasi untuk mencegah gangguan interferensi. Jenis kabel STP yang paling umum digunakan pada LAN ialah IBM jenis/kategori 1.

-> Kabel Serat Optik (Fiber Optik)  

Kabel serat optik mengirim data sebagai pulsa cahaya melalui kabel serat optik. Kabel serat optik mempunyai keuntungan yang menonjol dibandingkan dengan semua pilihan kabel tembaga. Kabel serat optik memberikan kecepatan transmisi data tercepat dan lebih reliable, karena jarang terjadi kehilangan data yang disebabkan oleh interferensi listrik. Kabel serat optik juga sangat tipis dan fleksibel sehingga lebih mudah dipindahkan dari pada kabel tembaga yang berat.

2. Hub/Konsentrator

Sebuah Konsentrator/Hub adalah sebuah perangkat yang menyatukan kabel-kabel network dari tiap-tiap workstation, server atau perangkat lain. Dalam topologi Bintang, kabel twisted pair datang dari sebuah workstation masuk kedalam hub. Hub mempunyai banyak slot concentrator yang mana dapat dipasang menurut nomor port dari card yang dituju.

Ciri-ciri yang dimiliki Konsentrator adalah :

1. Biasanya terdiri dari 8, 12, atau 24 port RJ-45

2. Digunakan pada topologi Bintang/Star

3. Biasanya di jual dengan aplikasi khusus yaitu aplikasi yang mengatur manajemen port tersebut.

4. Biasanya disebut hub

Biasanya di pasang pada rak khusus, yang didalamnya ada Bridges, router

3. Swicth/Hub

Switch jaringan (atau switch untuk singkatnya) adalah sebuah alat jaringan yang  melakukan bridging transparan (penghubung segementasi banyak jaringan dengan forwarding berdasarkan alamat MAC). Switch dapat dikatakan sebagai multi-port bridge karena mempunyai collision domain dan broadcast domain tersendiri, dapat mengatur lalu lintas paket yang melalui switch jaringan. Cara menghubungkan komputer ke switch sangat mirip dengan cara menghubungkan komputer atau router ke hub. Switch dapat digunakan langsung untuk menggantikan hub yang sudah terpasang pada jaringan.  Switch jaringan dapat digunakan sebagai penghubung komputer atau router pada satu area yang terbatas, switch juga bekerja pada lapisan data link, cara kerja switch hampir sama seperti bridge, tetapi switch memiliki sejumlah port sehingga sering dinamakan multi-port bridge.

4. Repeaters

Contoh yang paling mudah adalah pada sebuah LAN menggunakan topologi Bintang  dengan menggunakan kabel unshielded twisted pair. Dimana diketahui panjang maksimal untuk sebuah kabel unshielded twisted pair adalah 100 meter, maka untuk menguatkan sinyal dari kabel tersebut dipasanglah sebuah repeater pada jaringan tersebut.

5. Bridges / Jembatan

Adalah sebuah perangkat yang membagi satu buah jaringan kedalam dua buah jaringan, ini digunakan untuk mendapatkan jaringan yang efisien, dimana kadang pertumbuhan network sangat cepat makanya di perlukan jembatan untuk itu. Kebanyakan Bridges dapat mengetahui masing-masing alamat dari tiap-tiap segmen komputer pada jaringan sebelahnya dan juga pada jaringan yang lain di sebelahnya pula. Diibaratkan bahwa Bridges ini seperti polisi lalu lintas yang mengatur di persimpangan jalan pada saat jam-jam sibuk. Dia mengatur agar informasi di antara kedua sisi network tetap jalan dengan baik dan teratur. Bridges juga dapat di gunakan untuk mengkoneksi diantara network yang  menggunakan tipe kabel yang berbeda ataupun topologi yang berbeda pula.

6. Routers

Sebuah Router mengartikan informasi dari satu jaringan ke jaringan yang lain, dia hampir sama dengan Bridge namun lebih pintar, router akan mencari jalur yang terbaik untuk mengirimkan sebuah pesan yang berdasakan atas alamat tujuan dan alamat asal. Sementara Bridges dapat mengetahui alamat masing-masing komputer dimasing masing sisi jaringan, router mengetahui alamat komputer, bridges dan router lainnya. Router dapat mengetahui keseluruhan jaringan melihat sisi mana yang paling sibuk dan dia bisa menarik data dari sisi yang sibuk tersebut sampai sisi tersebut bersih. Jika sebuah perusahaan mempunyai LAN dan menginginkan terkoneksi ke Internet, mereka harus membeli router. Ini berarti sebuah router dapat menterjemahkan informasi diantara LAN anda dan Internet. ini juga berarti mencarikan alternatif jalur yang terbaik untuk mengirimkan data melewati internet.

Ini berarti Router itu :

1. Mengatur jalur sinyal secara effisien

2. Mengatur Pesan diantara dua buah protocol

3. Mengatur Pesan diantara topologi jaringan linear Bus dan Bintang(star)

4. Mengatur Pesan diantara melewati Kabel Fiber optic, kabel koaksial atau kabel twisted pair

7. Printer Dan Peripheral Lain

Printer adalah salah satu alasan utama kenapa ada network. Karena printer tidak selalu digunakan oleh setiap pemakai, akan lebih ekonomis jika memakai satu printer bersama-sama. Printer bisa dihubungkan langsung pada workstation atau ke server. Kalian juga bisa memasang scanner, CD-ROM eksternal dan peralatan lain yang berguna dan dapat digunakan secara bersama-sama pada network. Sama seperti yang lainnya, hal ini membutuhkan perangkat lunak dan perangkat keras yang tepat.

  • Perangkat Lunak Komputer

secara umum, perangkat lunak jaringan akan digunakan untuk sebagai alat yang dapat memantau dan melihat seluruh aktivitas yang ada pada sebuah komputer dan sangat berkaitan langsung dengan jaringan. Berikut contohnya:

1. Angry IP Scanner

Perangkat lunak Angry IP Scanner ini merupakan salah satu perangkat lunak jaringan komputer yang sangat sering di gunakan oleh pengguna karena dapat diunduh dengan sangat cepat dan ditambah dengan penggunaannya yang sangat mudah. Tidak hanya itu, perangkat lunak satu ini juga dapat digunakan untuk berbagai platform yang akan sanat menguntungkan untuk digunakan oleh MAC OS, Windows, dan Linux. Berikut fungsi-fungsi dari Angry IP Scanner :

  • Angry IP Scanner dapat melakukan scan port dan juga pada alamat IP.
  • Angry IP Scanner dapat menjaga suatu jaringan untuk tetap dapat stabil.
  • Angry IP Scanner dapat mencari tahu dan mengawasi error maupun dengan memanfaatkan troubleshooting.
  • Angry IP Scanner dapat mendeteksi sebuah jaringan lain yang ingin mencoba meretas sebuah data pada sebuah komputer.

2. Dude

Perangkat lunak yang satu ini adalah salah satu perangkat lunak jaringan komputer yang sangat direkomendasikan untuk dapat digunakan karena penggunaannya yang cukup mudah dan fungsi-fungsi yang dimilikinya dinilai lebih maksimal. Perangkat lunak satu ini juga dpaat berlaku untuk berbagai macam protokol jaringan yang mungkin sudah Anda gunakan seperti SNMP, DNS, ICMP dan TCP. Dan dibawah ini merupakan fungsi-fungsi dari sebuah Dude yang dapat mengoptimalkan kinerja dari jaringan komputer :

  • Dude dapat melakukan proses scanning pada sebuah jaringan yang telah terhubung.
  • Dude dapat melakukan proses scanning pada sebuah jaringan yang telah terhubung dengan basis subnet.
  • Dude dapat digunakan untuk memetakan dari jaringan komputer.
  • Dude dapat memberikan sebuah peringatan apabila terjadinya error maupun troubleshooting.

3. Microsoft Network Monitor

Software Microsoft network Monitor ini dapat berguna untuk dapat membantu menganalisa paket jaringan yang dapat menangkap, menganalisis dan melihat lalu lintas jaringan. Tidak hanya itu, alat ini juga sangat berguna untuk dapat mengatasi permasalahan dari sebuah jaringan dan juga pada sebuah aplikasi jaringan, fitur-fitur yang dimiliki perangkat lunak ini yaitu memiliki 300  lebih protokol proprietary publik dan microsoft, serta mode pemantau jaringan dan juga masih banyak lagi. Dan dibawah ini adalah fungsi-fungsi dari perangkat lunak Microsoft Network Monitor :

  • Microsoft Network Monitor dapat mengangkat, melihat dan dapat juga menganalisis semua proses yang ada pada sebuah jaringan.
  • Microsoft Network Monitor dapat mendeteksi lalu lintas modus promiscuous.
  • Microsoft Network Monitor dapat mengawasi Wireless yang tengah bekerja.
  • Microsoft Network Monitor dapat mengatasi semua masalah yang terdapat pada sebuah jaringan maupun pada sebuah aplikasi jaringan.
  • Microsoft Network Monitor dapat menyediakan 300 lebih protokol proprietary public dan Microsoft.

4. NMap

NMap adalah sebuah perangkat lunak yang telah dikembangkan oleh Gordon Lyon atau Fyodor Vaskovich. Perangkat lunak ini juga dapat digunakan untuk berbagai jenis sistem operasi seperti MAC OS X, BSD, Amigos OS, Solaris, dan Linux. Dan dibawah ini merupakan beberapa fungsi dari NMap :

  • NMap dapat melihat status dari konektivitas.
  • NMap dapat mengidentifikasi berbagai aplikasi yang digunakan untuk dapat menjalankan service.
  • NMap dapat digunakan sebagai security scanner yang bisa mendeteksi berbagai port yang terbuka.
  • NMap dapat mengidentifikasi dari versi sistem operasi yang terdapat pada sebuah komputer.

5. Open NMS

Open NMS adalah software jaringan yang juga sangat sering digunakan pengguna untuk sebuah jaringan yang jumlahnya kecil. Perangkat lunak ini juga lebih sering digunakan untuk aplikasi klien yang sering dibuka menggunakan Ipad, Ipod maupun Iphone. Dan berbagai fungsi-fungsi dari Open NMS seperti dibawah ini :

  • Open NMS dapat mencari otomatis jaringan.
  • Open NMS dapat memberikan sebuah fitur jaminan yang ada pada sebuah layanan.
  • Open NMS dapat mengatur sebuah pemberitahuan tentang informasi jaringan maupun kondisi dari sebuah jaringan.
  • Open NMS dapat melakukan pengukuran kunerja pada sebuah jaringan.

6. Advanced IP Scanner

Ada berbagai kelebihan dari Advanced IP Scanner ini, Anda juga dapat memilih software jaringan menjadi software yang pas untuk Anda pilih. Dan beberapa fungsi dibawah ini akan membuat Anda mendapatkan jaringan yang lebih maksimal pada software yang satu ini :

  • Advanced IP Scanner dapat menghubungkan HTTP, shared folder, dan FT dengan sangat mudah.
  • Advanced IP Scanner dapat menghidupkan atau mematikan komputer dengan cepat.
  • Advanced IP Scanner dapat menghubungkan komputer Anda dengan layanan yang umum seperti FTP, HTTP dan shared folder.
  • Advanced IP Scanner dapat mendeteksi jaringan yang ada pada komputer, yaitu seperti jaringan nirkabel sampai router Wifi.

7. Network Miner

Seperti yang kita ketahui fungsi dari Network ini yaitu untukk dapat mengatur sebuah jaringan yang ada pada sebuah komputer. Tetapi selain itu, fungsi dari Network juga masih banyak, yakni seperti dibawah ini :

  • Network Miner dapat mengekstrak file dan gambar dengan menggunakan jaringan tersebut
  • Network Miner dapat menyajikan informasi tentang sistem operasi, nama host, dan juga port yang terbuka untuk host.
  • Network Miner dapat menangkap sebuah paket jaringan pada komputer.
  • Network Miner dapat melihat kembali peristiea atau lalulintas yang terpenting dalam sebuah jaringan.
  • Network Miner dapat memilih sebuah jaringan yang akan digunakan dengan menggunakan kata kunci khusus.

6. berikan contoh penerapan jarkomdat dalam kehidupan sehari-hari.

1. ATM

ATM atau automated teller machine atau yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan anjungan tunai mandiri adalah sebuah alat telekomunikasi elektronik yang memungkinkan nasabah bank untuk melakukan transaksi keuangan seperti penarikan tunai, transfer, deposit, pembelian atau pembayaran, atau sekedar hanya untuk mengetahui informasi saldo setiap saat tanpa perlu berinteraksi langsung dengan pegawai bank.

ATM pertama kali digunakan pada tahun 1967 di London dan kini hampir seluruh kota di seluruh dunia telah memiliki ATM.

2. Surat Elektronik atau Electronic Mail

Contoh komunikasi data lainnya yang juga merupakan contoh komunikasi digital adalah surat elektronik. Electronic mail atau surat elektronik adalah mekanisme digital yang digunakan untuk saling bertukar pesan melalui internet atau intranet. Pesan-pesan yang dikirim dan diterima melalui surat elektronik biasanya di-encode dalam bentuk teks ASCII. Selain teks, kita juga dapat mengirim dan menerima pesan dalam bentuk gambar atau suara.

Sebagian besar surat elektronik dikirimkan atau ditransmisikan sebagai data yang sesuai dengan komputer dan berjalan di sepanjang jaringan data. Bentuk umum surat elektronik diantaranya teleks, jaringan pesan yang dialihkan, sistem pesan berbasis komputer, dan faksimili.

3. Faksimili atau Facsimile

Facsimile atau fax adalah salah satu peralatan teknologi informasi dan komunikasi. Fax adalah transmisi dokumen atau gambar dari satu tempat ke tempat lain yang dilakukan secara elektronik.

Dokumen yang dikirimkan, dipindai terlebih dahulu dan kemudian dikirimkan melalui jaringan telepon atau internet. Di era digital seperti sekarang, kehadiran internet sebagai media komunikasi telah mengurangi penggunaan fax di dunia bisnis.

4. Telepon Genggam atau Handphone

Handphone atau telepon genggam adalah alat komunikasi nirkabel yang memungkinkan penggunanya membuat panggilan telepon atau menerima panggila telepon dan mengirim atau menerima pesan teks. Sebagai media komunikasi modern, telepon genggam atau handphone juga memiliki beberapa fitur lain seperti peramban web, aplikasi permainan, kamera, pemutar video, Bluetooth, dan sistem navigasi. Komunikasi yang dilakukan melalui telepon genggam umumnya menggunakan gelombang radio.

5. Internet

Menurut KBBI, internet atau Interconnected Network adalah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit.

Internet menjadi sangat populer karena beberapa temuan yang kini kita lihat seperti World Wide Web atau multimedia. Misalnya, beberapa aplikasi multimedia yang kini banyak digunakan di berbagai bidang diantaranya adalah teleponi atau VoIP, video berbagi, dan television over IP.

6. Intranet

Manfaat dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi diantaranya adalah memudahkan akses informasi. Kemudahan akses informasi dalam lingkup bisnis atau organisasi ditandai dengan adanya internet. Intranet adalah jaringan privat yang hanya dapat diakses oleh staf atau karyawan suatu organisasi.

Tidak seperti internet dimana informasi dan layanan tersedia bagi publik, intranet justru hadir karena mempertimbangkan adanya jenis-jenis informasi dan layanan yang tidak ditujukan bagi publik namun bagi internal organisasi atau perusahaan.

Intranet juga digunakan untuk memfasilitasi kerja kelompok dan telekonferensi suatu perusahaan. Intranet terdiri atas beberapa jaringan LAN yang saling terhubung dan menggunakan protokol internet standar seperti TCP/IP dan HTTP.

7. Ekstranet atau Extranet

Extranet adalah bentuk akronim dari extended intranet atau bagian dari intranet perusahaan dimana penggunanya diperluas ke pengguna di luar perusahaan.

Extranet adalah jaringan privat terkontrol yang menggunakan teknologi internet dan sistem telekomunikasi publik yang memungkinkan adanya akses ke layanan atau informasi yang dibutuhkan bagi pihak yang berwenang tanpa harus memberikan akses ke seluruh jaringan organisasi.

Untuk itu,  organisasi atau perusahaan yang menggunakan extranet tetap harus mengacu pada standarisasi aturan dalam komunikasi data agar extranet memiliki keamanan yang cukup memadai seperti firewall server management, asuransi, digunakannya sertifikat digital atau pengguna yang sah atau memiliki kewenangan untuk mengakses extranet, pesan yang dienkripsi, dan penggunaan VPN yang berjalan melalui jaringan publik.

Extranet digunakan perusahaan diantaranya untuk saling bertukar informasi dengan menggunakan Electronic Data Interchange, bekerja sama dengan perusahaan lain, dan lain-lain.

8. Remote Control

Satu di antara macam-macam media komunikasi dalam jaringan yang digunakan untuk transmisi data adalah sinar infra merah. Dalam lingkup yang lebih kecil, teknologi infra merah digunakan dalam remote control televisi.

Remote control adalah salah satu media nirkabel sekaligus merupakan sebuah komponen peralatan elektronik yang digunakan untuk menjalankan peralatan elektronik dari jarak dekat. Remote control banyak digunakan untuk menjalankan televisi, menjalankan pendingin udara, memutar DVD player, atau menghubungkan mouse nirkabel ke komputer.

DAFTAR PUSTAKA

Sukaridhoto (Komunikasi Data dan Komputer_Buku)
http://dhoto.lecturer.pens.ac.id/lecture_notes/sistem_komunikasi/KOMUNIKASI%20DATA%20DAN%20KOMPUTER(Final).pdf

Falconi (Surat Elektronik sebagai media komunikasi_Jurnal)
https://media.neliti.com/media/publications/41200-ID-surat-elektronik-sebagai-media-komunikasi-data-pada-sistem-pemantauan-bahan-baka.pdf

Sitanggang (Sistem Informasi Berbasis Penjualan_Jurnal)
http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/7/article/view/729

Khasanah (Keamanan Jaringan_Jurnal)
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khatulistiwa/article/view/1270

Tantoni (Analisis Perancangan Blue Print_Jurnal)
http://e-journal.janabadra.ac.id/index.php/informasiinteraktif/article/view/676

Andi Micro (Dasar-dasar Jaringan Komputer_Buku)
https://www.academia.edu/32820976/Ebook_Teknisi_Jaringan_Komputer_Lengkap

Nasution (Jaringan Komputer_Jurnal)
https://www.researchgate.net/publication/341119154_Jaringan_Komputer

https://www.nesabamedia.com/perangkat-lunak-jaringan/

Satu pendapat untuk “Tugas 1 (Individu): Konsep Dasar JarkomDat_1204190058

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai