Arsitektur dan Organisasi Komputer

Yaps, kalian tidak salah baca kok. Arsitektur tidak hanya digunakan untuk merancang sebuah desain bangunan saja. Ada banyak kegunaan ilmu arsitektur di kehidupan kita, salah satunya kita bisa gunakan dalam dunia komputer.

Sebelumnya kita harus mengenal dulu apa itu Arsitektur. Menurut KBBI, Arsitektur yaitu merancang suatu konstruksi bangunan. Organisasi sendiri bermakna suatu kesatuan yang memiliki bagian – bagian. Jika kita gabungkan, Arsitektur dan Organisasi Komputer adalah sebuah ilmu yang mengajarkan kita untuk merancang struktur suatu perangkat komputer, baik itu Perangkat Keras (Hardware) dan Perangkat lunak (Software) dalam satu kesatuan untuk memenuhi fungsionalitas dan kinerja programmer dalam mengerjakan proyeknya.

Sebelum itu, kita harus memahami sejarah dari Arsitektur dan Organisasi Komputer. Gunanya agar kita tahu ke arah mana Arsitektur dan Organisasi Komputer ini digunakan. Berikut sejarah singkat dari Arsitektur dan Organisasi Komputer :

History and Generation of Computers

Abacus (atau yang bisa kita sebut sempoa) adalah sebuah alat hitung yang terbuat dari kayu dan kumpulan manik – manik yang dihubungkan dengan kawat. Abacus termasuk kalkulator yang kuno di dunia karena digunakan pada masa lalu.

Napier’s Bone (Batang Napier) adalah salah satu alat hitung yang ditemukan oleh seorang matematikawan asal Skotlandia yaitu John Napier. Batang Napier digunakan untuk mengubah proses yang kompleks didalam perkalian dan pembagian, menjadi penjumlahan dan pengurangan agar mudah untuk diselesaikan.

  • Era 1633 AD : The Slide Rule

Sebuah penggaris yang terdiri dari dua jenis skala dan digabungkan menjadi satu penggaris serta terdapat ruang marginal diantar skala tersebut.

Bisa disebut Mesin Hitung Pascal, digunakan untuk menghitung operasi aritmatika secara otomatis. Dari penemuan inilah awal dari kalkulator modern diciptakan.

Difference Engine merupakan awal dari komputer modern. Awalnya, mesin ini digunakan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan operasi matematika dalam satu waktu.

Mesin ini digunakan untuk memproses pengurutan jutaan data secara cepat dan efisien.

Sebuah perangkat yang berbentuk tabung kecil dan didalamnya tidak ada gas. Fungsinya hanya terbatas untuk menghitung satu masalah dalam satu waktu.

Perangkat yang berfungsi untuk menguatkan, memutus atau menyambung, dan menstabilkan tegangan listrik di dalam komputer.

Biasa dikenal dengan istilah IC, merupakan komponen yang menggunakan bahan semi-konduktor dan gabungan dari beberapa komponen lainnya seperti Resistor, Kapasitor, Dioda, dan Transistor dalam bentuk chip kecil. Kemampuannya dapat menyelesaikan permasalahan aritmatika yang jumlahya banyak dalam satu waktu yang sama.

  • 4th Generation (1971 – Sekarang): Microprocessor

Kumpulan dari ribuan IC yang bergabung menjadi satu dalam chip kecil. Komponen ini merupakan komponen yang penting dalam sebuah komputer karena program yang dimasukkan akan diproses di dalam komponen ini.

  • 5th Generation (Sekarang – Masa Depan) : Artificial Intelligence

Teknologi yang menggabungkan antara kecerdasan dengan perangkat komputer untuk menciptakan terobosan – terobosan baru yang dapat meringankan kerja manusia. AI saat ini mulai berkembang pesat dengan munculnya berbagai teknologi seperti Google Home, fitur Autopilot di dalam mobil buatan perusahaan asing yaitu Tesla, dan lain – lain.

Agar kita dapat memahami lebih jauh lagi, berikut ini akan saya tampilkan satu video yang menjelaskan secara sederhana oleh seorang pengajar dari India :

COA | Introduction to Computer Organisation & Architecture | Bharat Acharya Education

Yaps, video ini menggunakan bahasa inggris. jika kita kesulitan dalam memahami apa yang beliau sampaikan kita bisa menggunakan fitur subtitle yang sudah disediakan oleh Youtube.

Masih susah untuk mencerna apa saja yang dibahas? Oke, kali ini saya akan buatkan beberapa kesimpulan agar mudah mencerna apa yang beliau sampaikan :

  • Apa tugas dari komputer?

Tugas utama sebuah komputer hanya menerima sebuah program (input), kemudian memproses program tersebut (progress), dan melaksanakan program yang telah diberikan (output).

  • Apa saja komponen dari sebuah komputer?
  1. Memori
  2. Prosesor
  3. Input/Output (I/O)

Pertama, Memori berfungsi untuk menyimpan program yang kita berikan. Bentuknya bisa berwujud Harddisk, Floppy drive, RAM, ROM, dan lain – lain.

Kedua, Prosesor berfungsi layaknya sebagai “otak” dari sebuah komputer. Ada 2 bagian yang masing – masing memiliki fungsi yang berbeda, yaitu :

-> Control Unit (CU)

Ini adalah tempat untuk menerima instruksi atau perintah yang di simpan di memori. Sebelumnya kita wajib menggunakan Bahasa Pemrograman, seperti Java, C++, dan lain – lain. Nantinya, CU akan melakukan fetching (mengambil) program yang diterima dan decoding (menguraikan) Bahasa Pemrograman menjadi angka binary agar menjadi Bahasa Mesin.

-> Arithmetic Logical Unit (ALU)

Memiliki istilah lain yaitu Execute Unit (EU) yang fungsinya untuk mengeksekusi program yang kita berikan. Disini ALU baru dapat memahami perintah kita setelah diubah menjadi Bahasa Mesin, dan melaksanakan perintah setelahnya.

Setelah tahu seluk-beluk dari ilmu ini, tentunya kita bisa menerapkannya dalam kehidupan kita. Contohnya :

  1. Kita dapat mengetahui struktur dari perangkat – perangkat yang ada di dalam komputer.

Dalam merancang dan merakit sebuah komputer, kita harus tahu terlebih dahulu strukturnya. Gunanya agar kita bisa merakit sesuai kebutuhan dan berfungsi secara maksimal. Jika struktur nya saja kita tidak tahu, fungsionalitas dan kinerja komputer nantinya tidak sesuai ekspetasi yang kita harapkan.

2. Kita dapat memilih perangkat komputer yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Setelah struktur dari sebuah komputer kita pahami, selanjutnya memilih perangkat komputer yang sesuai kebutuhan kita. Dalam pemilihan perangkat, kita wajib untuk mengecek spesifikasi perangkat yang kita pilih apakah sudah sesuai dengan kebutuhan atau tidak.

3. Ingat, komputer juga termasuk salah satu teknologi yang dapat meringankan kerja manusia.

Setelah komputer selesai dirancang sebaik mungkin, kita bisa menggunakannya untuk mempermudah pekerjaan kita, seperti mengurutkan data – data yang jumlahnya banyak dan dalam keadaan acak, menyelesaikan permasalahan, dan lain – lain.

4. Komputer bisa digunakan untuk menciptakan atau mengembangkan suatu terobosan baru yang bermanfaat bagi kita semua.

Terkadang manusia saja belum mampu menemukan jalan keluar dari sebuah permasalahan. Maka dengan bantuan komputer diharapkan dapat menyelesaikan suatu permasalahan dengan cepat dan efisien. Sehingga penciptaan sebuah terobosan baru akan semakin mudah dan berfungsi secara maksimal.

Sekian dari saya. Apabila ada kesalahan data yang telah dicantumkan, saya mohon maaf. Terima kasih!

One thought on “Arsitektur dan Organisasi Komputer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web Anda di WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: